5 Trik Jitu Amankan Smartphone Android dari Hacker

5 Trik Jitu Amankan Smartphone Android dari Hacker
Credit okezone.com

User smartphone berbasis Android, mungkin khawatir dengan hacker yang sewaktu-waktu dapat membobol sistem keamanan perangkat, mencuri data dan menyebarkan informasi pribadi di dalamnya. Selain kepandaian sang hacker, ternyata kelalaian pengguna juga dapat membuat sebuah ponsel pintar menjadi sasaran empuk hacking.

Dilansir laman TechFruit, Selasa (24/2/2015), berikut AndroidZoners berikan 5 trik jitu yang dikutip dari okezone.com untuk amankan smartphone dari serangan hacker.

Hal yang sepele, namun sangat penting untuk dilakukan pengguna ponsel pintar ialah memastikan ponsel pintar memiliki sistem keamanan kunci layar. Kunci layar sendiri merupakan pertahanan pertama untuk mencegah seseorang mencuri data dalam smartphone.

Gunakan kombinasi empat nomor password kunci layar yang tak mudah untuk ditebak, dan biasakan hapus bekas sidik jari pada layar agar susunan angka tak dapat terbaca. Selain itu, gunakan salah satu angka dalam password dua kali berturut-turut, sehingga seolah-olah hanya terlihat tiga sidik jari di layar Anda.

Hati-Hati Menggunakan Wi-Fi
Jaringan Wi-Fi publik telah membuat pengguna lebih mudah untuk tetap terhubung dengan internet, namun hal itu juga membuat orang lain lebih mudah mengakses informasi yang terdapat pada ponsel pintar Anda.

Jika Anda memilih untuk menggunakan WiFi, pastikan jaringan tersebut dilindungi sandi dan berasal dari penyedia terpercaya. Jika tidak, kemungkinan hacker bisa mendapatkan akun email, password, dan informasi pribadi secara leluasa.

Google Play menjadi sumber daya utama untuk Android untuk mengunduh aplikasi, game, musik, film, buku, dan banyak lagi. Namun, hanya sedikit pengguna yang berpikir untuk menambahkan lapisan keamanan pada aplikasi Google Play.

Untuk mengamankan akun Google Play, pengguna cukup akses ke aplikasi Google Play Store dan klik 'Settings' pada menu utama. Dari sana, pengguna dapat memilih pengaturan‘Require authentication for purchases’ lalu pilih‘For all purchases through Google Play on this device’.

Setelah itu, secara otomatis pengguna akan memutus segala pembayaran melalui kartu kredit atau pembayaran lainnya untuk membeli sebuah aplikasi yang telah disinkronisasikan ke akun Anda.

Perhatikan App Permissions Sebelum Menginstall
Sebelum menginstall sesuatu ke dalam ponsel Android, pengguna akan melihat layar pop-up yang berisi daftar hak akses untuk menggunakan aplikasi. Jangan hanya tekan 'Install' sebelum membaca hal itu dan pastikan aplikasi tidak mengakses informasi yang tidak perlu agar dapat berfungsi.

Cara lain yakni dengan memeriksa review pengguna. Jika aplikasi tersebut memiliki ribuan download dan ulasan positif, aplikasi tersebut mungkin sah. Jika pengunduh aplikasi tersebut sedikit dan ulasan jarang atau negatif, jangan sekali-kali mengunduhnya.

Bukan hanya harus berhati-hati terhadap aplikasi yang diunduh, penting pula menghindari mendownload file atau mengklik link dari sumber yang tidak diketahui. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa jenis malware yang berasal dari situs-situs yang tidak aman dan memungkinkan ponsel untuk digunakan tanpa izin Anda. 

Untuk menghindari download yang tidak diinginkan, pergi ke menu settingsdan klik "Security." Di sana, pengguna dapat menghapus tanda centang pada kotak bertuliskan “Allow installation of apps from unknown sources”. Sumber okezone.com