tips menyelamatkan ponsel saat keadaan basah

tips menyelamatkan ponsel saat keadaan basah
Credit okezone.com

Kejadian tak terduga seperti ponsel jatuh ke dalam air mungkin pernah dialami oleh beberapa user ponsel. Walaupun hanya tercelup dalam hitungan detik, hal yang seperti ini akan membuat pemilik smartphone panik.

Apabila hal ini dialami oleh Anda, androidzoners akan berbagi beberapa langkah atau tips yang harus diperhatikan guna menyelamatkan ponsel malang tersebut dan berikut tips menyelamatkan ponsel saat keadaan basah sebagaimana dilansir laman okezone techno, Rabu (25/2/2015).

Kesatu, tanpa mengulur waktu, segera shutdown atau matikan ponsel. Bila perlu cabut baterainya. Setelah kejadian hp tercebur, pengguna harus segera mematikan ponsel bahkan sebelum ponsel dikeringkan. Hal tersebut bertujuan untuk agar air tidak memiliki kesempatan untuk masuk ke rangkaian dalam ponsel. Sehingga langkah ini menjadi langkah yang penting dan darurat keamanan.

Kedua, segera keringkan bagian luar ponsel dengan handuk tak berserat dan perhatikan bagian-bagian tertentu seperti port, speaker, dan microphone. Lalu bongkar bagian-bagian seperti kartu SIM card, memori card dan baterai, lalu keringkan.

Ketiga, letakkan piranti dan bagian-bagian tersebut dalam tas penyimpanan bersama dengan beberapa gel silika (biasa ditemui dalam produk-produk baru seperti tas) di dalamnya. Silika diformulasikan untuk menyerap kelembaban. Karenanya, sangat penting untuk mengumpulkannya, sebab ini akan diperlukan dalam keadaan urgent.

Keempat, tunggu dan bersabarlah maksimalnya 3 harian. Ini mungkin adalah bagian tersulit diantara langkah yang telah dilakukan. Pada era saat ini ponsel merupakan kebutuhan pokok yang tak terpisahkan walaupun hanya beberapa jam.

Kelima, setelah tiga hari berlalu, silika dinilai telah mendapatkan banyak waktu untuk menyerap kelembaban. Jika Anda melakukan dengan benar, kemungkinan ponsel akan kembali seperti semula.

Semoga tips menyelamatkan ponsel saat keadaan basah dapat membantu anda dalam keadaan bahaya untuk keselamatan smartphone kesayanganmu.