Android L, Generasi Penerus Kitkat

Android L, Generasi Penerus Kitkat - AndroidZoners. Dalam waktu dekat ini, pihak Google sudah merencanakan untuk melakukan pembaharuan pada Sistem Android generasi penerus dari KitKat. Rencananya akan diberikan nama pada sistem operasi tersebut dengan inisial “L”, dikarenakan masih sebuah rencana sebut saja L Preview. Pihak Google juga suda memamerkan ponsel besutannya pada ajang Google I/O. Berubahnya desain sangat menonjol yang akan terasa pada pengalaman user android secara tersendiri. Seperti halnya menyangkut mengenai tipografi, layout, warna, komponen yang mengakibatkan animasinya akan menjadi lebih hidup.

Android L, Generasi Penerus Kitkat

Google juga mengungkapkan bahwa perubahan besar secara design Android L yang diusungnya akan terdapat sekitar 5.000 API baru dengan program "Material Design" sebelum konferensi digelar yang rutin diadakan setiap tahunnya. Bocorannya, google mail atau lebih akrab disebut Gmail secara tampilan akan mengalami pembaharuan tampilan secara visual dari icon segiempat menjadi melengkung. Jenis huruf Roboto akan ditampilkan di semua tampilan yang berada pada android L tersebut, seperti pada jam pintar, laptop dan TV.

"Kami menantang diri kami untuk membuat sebuah desain yang tak hanya untuk ponsel dan tablet Android", ungkap dari Matias Duarte yang menjabat sebagai Wakil Presiden Desain Android. Segi tampilan visual akan diberlakukan dari aplikasi standar pabrikan Google Android misalkan icon telepon. Perubahan paling menonjol lebih terlihat adanya pemberitahuan atau notifikasi yang lebih interaktif menu pengunci layar. “Heads-Up”, ya sebutan fitur terbaru sebuah pop-up yang dapat segera direspon atau dibiarkan. Personal unlocking akan menjadi fitur keamanan baru dalam android L ini.

Android RunTime atau lebih enak disebut ART akan menjadikan performa Android L lebih baik dibandingkan versi Android sebelumnya. Pada versi KitKat sendiri sebelumnya sudah mengusung ART, dikarenakan masih dalam tahap pengembangan performanya masih jauh dari sempurna. Kinerja ART akan lebih maksimal dibandingkan Dalvik Runtime yang notabene dari segi efisiensi memory dan sumber daya akan lebih ringan.

Belum lagi untuk kualitas grafis yang akan ditambahkan Android Extension Pack untuk mempercantik tampilan game Android. Versi final di prediksi akan selesai pada akhir tahun, sedangkan preview kode Android L mulai disediakan secara khusus bagi para pengembang aplikasi mulai hari ini. Mengingat canggihnya sistem android jenis L ini, sebutan yang paling tepat menurut para pembaca AndroidZoners untuk Android versi pengembangnya. Sebagai bocoran berinisial L. Lanting? Lolypop?



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.