AnTuTu Benchmark Memberikan Gambaran Performa Ponsel Android

Banyak orang membeli ponsel android dengan alasan banyak yang pakai itu bagus. Eitss, jadilah pengguna yang cerdas. Kenali dulu gadget yang akan anda beli, jangan sampai anda menjadi korban iklan. OK, kembali ke judul AnTuTu Benchmark Memberikan Gambaran Performa Ponsel Android agar lebih terarah yah.

Perbandingan apa yang melandasi argumen anda sebelum melakukan pembelian terhadap ponsel Android saat ini? Dimulai dari model, fungsi, atau spesifikasi ponsel android. Nampaknya, pilihan terakhir alasan yang melandasinya. Lalu, Bagaimana dapat melihat spesifikasi suatu ponsel android? Apakah ponsel dengan performa baik akan memiliki spesifikasi tinggi? Hal tersebut sampai dengan saat ini masih menjadi pertanyaan mengenai masalah spesifikasi. Sebagai landasan untuk menilai performa ponsel android, anda dapat mengandalkan aplikasi Benchmark.

AnTuTu Benchmark Memberikan Gambaran Performa Ponsel Android


AnTuTu Benchmark yaitu aplikasi benchmark yang paling populer untuk melakukan uji benchmark. Sejatinya, apa saja yang menjadi tolak ukur dari aplikasi benchmark pada ponsel android? Bagaimana cara pembacaan data yang ditampilkan? Data yang ditampilkan akan dijadikan pengambilan keputusan untuk mengetauhi performa perangkat Android yang nantinya akan kita miliki. 5 hal yang diperhatikan dengan penggunaan aplikasi Benchmark, dengan contoh aplikasi yag digunakan yaitu AnTuTu Benchmark.

1. CPU

Central Processing Unit (CPU) merupakan otak dari sebuah perangkat keras dimana keberadaannya paling penting dari perangkat Android Anda. Semakin tinggi dan cepat CPU, tentunya memberikan efek ringan pada kinerja perangkat anda saat digunakan. Memanfaatkan CPU yang tinggi dan cepat untuk bermain game yang Anda inginkan serta menjalankan proses multitasking. Namun, tetap diperhatikan mengenai kemampuan perangkat yang sudah terukur oleh AnTuTu Benchmark untuk perangkat Anda.

2. RAM

CPU diibaratkan seperti otak sedangkan RAM (Random Access Memory) sebagai kaki. Dalam menerima interuksi pastinya piranti Android menggunakan RAM untuk memjalankan interuksi tersebut. kinerja suatu perangkat juga ditentukan dengan besar kecilnya RAM, akan tertampil performa apik pada device Anda. Skor RAM yang dihasilkan oleh aplikasi Benchmark Android AnTuTu adalah ukuran seberapa tinggi kinerja RAM dari perangkat Anda.

3. UX

UX kepanjangan dari User Experience. AnTuTu Benchmark akan memberikan hasil pengukuran berdasarkan skor UX. Bagaimana cara pembacaannya? Skor UX dibagi 2 macam, yaitu Multitask dan Runtime. Mengoperasikan lebih dari satu perintah akan diukur oleh UX Multitask. Sedangkan Runtime menggambarkan Android Dalvik Runtime (ART) dalam menjalankan dan mengoperasikan suatu program aplikasi android. Sekedar saran, apabila menginginkan skor Benchmark yang tinggi, lebih baik memilih perangkat Dual-Core atau yang lebih tinggi. Sehingga akan meningkatkan skor UX, dan tentunya berpengaruh sekali pada skor secara keseluruhan.

4. GPU

GPU kepanjangan dari Graphic Processing Unit. Yaitu seberapa baik layar ponsel android anda akan menampilkan gambar. Lebih sering dijumpai dan akan terlihat jelas pada permainan games. Di test menggunakan AnTuTu, didapat hasil Benchmark pada GPU akan dibagi menjadi dua, yaitu tes 2D dan 3D. Grafik 2D biasa digunakan apabila Anda memainkan game seperti Angry Birds. Grafik 3D akan bisa Anda temui saat memainkan AngryBirds Go! yang menggunakan fungsi full 3D.

5. Score

Score atau hasil pengukuran adalah hasil yang sangat diperhitungkan oleh user android dalam memilih ponsel yang menggunakan aplikasi Benchmark Android. Melalui Score, akan menampulkan hasil tes Android secara keseluruhan, dan Anda akan mendapatkan score untuk dibandingkan dengan pengguna lainnya. Real-nya, score ini tidak terlalu berpengaruh pandangan nyata dan performa sebenarnya dari sebuah perangkat Android. Sebagai contoh, jika perangkat Anda setelah diukur menghasilkan score 3000, dan perangkat lain menampilkan score 9.000, apakah itu berarti perangkat orang lain bekerja 3 kali lebih cepat dari perangkat Anda? Jawabannya Tidak, hal tersebut hanyalah gambaran performa antar bagian dari perangkat Anda.

Kesimpulan

Hasil dari pengukuran aplikasi AnTuTu Benchmark tentunya tidak dijadikan sebagai dasar untuk melakukan pengambilan keputusan mengenai ponsel android. Namanya pengukuran, terkadang terjadi kesalahan. Aplikasi benchmark Android tersebut memang tidak sempurna, dan tidak dijadikan sebagai landasan dalam mengetahui kinerja suatu perangkat. Dilain pihak, yaitu vendor ponsel android akan memanfaatkan aplikasi benchmark sebagai bahan promosi dalam mengenalkan performa device-nya, dan hasil sesungguhnya memang skor yang ditunjukkan aplikasi benchmark menunjukkan performa secara keseluruhan dari device tersebut. Masih ragu dengan skor benchmark? Tidak ada salahnya, jadikanlah aplikasi AnTuTu Benchmark hanya sebagai gambaran saja, dan jangan terlalu berpatokan pada benchmark. Semuanya kembali kepada calon pengguna, belilah ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. AndroidZoners

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.